//
home

Latest Post

Strategi 3 Dompet (Anggaran Anak Kos)

Ide ini berawal dari cewe gw yang cenderung sulit untuk ngontrol pengeluarannya sebagai anak kos. Kiriman orang tuanya sering aja habis sebelum waktunya, tapi gw baru sadar kalo ini bukan Cuma masalah cewe gw aja. Dulu gw sering ngalamin hal yang sama pas nge-kos waktu kuliah dan temen-temen gw juga. Sebagai mantan mahasiswa yang mempelajari ilmu penganggaran negara, gw pun ngerasa tertantang. Gimana mw ngatasi masalah anggaran negara kalau anggaran bulanan sendiri aja ga bisa diurus. Makanya gw bikin nih strategi 3 dompet, dompet apa aja ituh?

  1. Dompet Pendapatan
    Dompet pendapatan ini gampangnya kita anggap aja rekening kita, jadi saldo kas kita di rekening tempat ortu ngirim kita sepakati namanya dompet pendapatan. Ga ada yang khusus sih buat dompet yang satu ini, hanya waktu pengambilannya harus disesuaikan dengan time line yang udah kita rencanain.
    .
    .
  2. Dompet Belanja
    Nah dompet belanja ini adalah dompet yang biasa kita pakai kalau mw belanja. Disinilah tantangannya buat kita untuk membagi belanja kita, dibagi berdasarkan apa aja?
  • Belanja Pokok
    Belanja pokok ini hampir sama buat tiap orang, biasanya sih untuk makan, peralatan mandi, pulsa, ongkos, dsb yang menurut kawan-kawan penting. Untuk yang satu ini ga perlu disusun prioritasnya karena pasti semuanya pasti penting dan harus dipenuhi. Maka dari itu jangan sampai kebutuhan ini jadi tidak terpenuhi krn godaan buat melakukan pengeluaran lain yang diluar belanja pokok.Supaya ga berantakan dalam dompet belanja bikin sekat tersendiri buat belanja pokok ini, dan penarikan uang dari dompet pendapatan sebaiknya dilakukan cukup dalam 1 kali dalam seminggu untuk kebutuhan pokok.

    Anggarkan antara 25-75% dari kiriman bulanan kalian, tergantung jumlah kiriman masing-masing dan jangan lupa perkirakan kebutuhan pokok harian kalian.

“Ingat pola hidup sederhana dan komitmen karena itu kunci penganggaran utk belanja pokok ini.”

  • Belanja Akademis
    Umunya kasus ginian dialamin mahasiswa yang notabene insan akademis. Pasti lumayanlah pengeluarannya utk fotokopilah, bukulah, tinta printer, alat tulis,  jilidlah,, pokoknya yang berhubungan sama tugas kuliah. Buat belanja ini agak sulit dianggarin karena ga tentu kapan dan berapa banyak butuhnya. Biasanya sih membludak pas mw ujian, tapi beda-beda tiap orang, dan poin pentingnya prioritaskan ini langsung setelah kebutuhan pokok jika anda mahasiswa, minimal 5% dari kiriman bulanan. Dan kalau ada sisanya jangan dipindahkan dalam dompet investasi (nanti dijelasin) setidaknya sampai 2 hari sebelum tanggal kiriman berikutnya.Belanja akademis ini kalo di dompet letakin aja di tempat yang paling tersembunyi, biar ga gampang khilaf, takutnya kepakai buat yang lain.
  • Belanja Sekunder
    Belanja sekunder ini maksudnya belanja yang yahhh….. kita sama-sama taulah sebagai anak kos. Mungkin sering dibilang biaya pergaulan, buat nongkrong dan sebagainya. Tapi ternyata bukan hanya itu ajah, belanja sekunder juga termasuk biaya ngemil atau jajan ga jelas yang ga termasuk dalam belanja pokok ama akademis.Beli minuman krn terbawa suasana panas atau selera dikategorikan belanja sekunder juga, ongkos selain ke kampus atau urusan akademis juga termasuk belanja sekunder juga.Kalau kiriman cukup, anggarkanlah sewajarnya sesuai gaya hidup masing-masing. Anggaran belanja sekunder ini bisa juga diambil dari sisa belanja pokok yang realisasinya ternyata masih dibawah yang dianggarkan. Seperti anggaran makan dianggarkan 30rb sehari, namun ternyata karena telat bangun, dsb cumin makan 2 kali jadi hanya kena 20rb, yang sepuluh ribu bisa dipindahkan dari sekat belanja pokok ke sekat belanja sekunder.Atau misalnya dapat kiriman pulsa dari tante atau siapalah, uang yang harusnya dipakai buat beli pulsa bisa dipindahkan sekatnya. Demikian juga buat ongkos kalau ternyata ada tebengan dan sebagainya.Intinya, pisahkan sekat antara belanja pokok, akademis, dan sekunder ga boleh sama. Dan haram hukumnya memindahkan uang dari sekat belanja akademis ke sekat belanja sekunder.Dan kalau nongkrong, tetap harus punya acuan,, gengsi sih boleh tapi kalau udah ngomongin pemborosan kita harus punya standar maksimal juga.

    “Perlu diingat dari semua jenis belanja di dompet belanja ini adalah, semuanya barang habis pakai, tidak termasuk baju, tas, sepatu, jam, dsb.”

Bagaimana dengan barang-barang tersebut? Kita bahas dalam dompet berikutnya.

3.  Dompet Pembiayaan
Ini dompet yang paling unik fungsinya, karena kalo dipraktekkan ini wujudnya celengan (ga harus celengan yg anak-anak punya juga), karena sewaktu menganggarkan, anggarkan dulu kebutuhan kalian yang real dalam sebulan, setidaknya yang kalian yakini penting dan wajar. Jangan berorientasi menganggarkan untuk menghabiskan kiriman orang tua.

Ada kalanya kiriman itu lebih atau kurang dari yang dibutuhkan,, oleh karena itu dompet pembiayaan ini dibagi menjadi dua jenis celengan, yaitu celengan hutang dan celengan investasi.

  • Celengan Hutang
    Pasti bingung khn dengar celengan utang. Karena celengan ini memang ga ada wujudnya, namanya juga hutang. Tapi hutang disini bukan utang jangka pendek yang uangnya sebenarnya tersedia, tapi hutang yang dianggarkan karena memang kiriman kita kurang (defisit). Sekali lagi ditekankan kalau hutang ini masih baru direncanakan, dan bukan pasti terjadi.Hal ini harus diperhitungkan oleh anak kos yang kirimannya pas-pasan, dan untuk mengatasinya tentu harus ada beberapa hal yang dikorbankan seperti misalnya tidak memenuhi kebutuhan sekunder, dsb. Kesadaran  amat sangat diperlukan dalam mengatasi permasalahan ini agar hal yang paling ditakutkan, yaitu berhutang dapat dihindarkan, apalagi jika cara pembeyarannya tidak diketahui bagaimana.Hitung penghematan yang yang sudah dilakukan, dan kemudian masukkan dalam belanja yang belum ada anggaran dananya. Syukur-syukur ga jadi defisit, malah bisa surplus krn hemat.
  • Celengan Investasi
    Kalau setelah dihitung kiriman kalianternyata cukup dan lebih banyak dari anggaran kebutuhan, masukkan dalam celengan investasi. Anggaran investasi prioritas utamanya diperuntukkan utk

- kebutuhan tak terduga, seperti biaya berobat kalau sakit atau jika ada musibah, dan masalah mendesak lainnya yang penting (anggarkan minimal 50% dari celengan investasi, jgn diganggu gugat)

-imagesada barang yang ingin dibeli, umumnya barang yang tidak habis pakai seperti baju, sepatu, tas, dsb

-sedekah, sumbangan, pinjamin kawan yang lagi butuh uang (anggarannya lihat disini)

-disisakan utk tambahan keperluan bulan depan atau sebaiknya ditabung dalam celengan atau rekening yang berbeda.

Anggaran celengan investasi itu sumbernya dari perhitungan lebih kiriman disbanding rencana belanja, sebisa mungkin tarik semua dari rekening dan simpan di tempat ditempat yang tersembunyi dalam kamar kos. Kalau seumpanya ada keperluan mendesak yang mengharuskan mendebit rekening, nanti khn bisa diganti dari celengan. Ribet memang tapi lebih bagus gitu daripada terpakai gak tentu kalau ikut digabung dalam rekening.

Anggaran celengan investasi juga bisa berasal dari sisa anggaran belanja manapun yang realisasinya kurang dari yang direncanakan, termasuk dari belanja akademis dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Sekali lagi, ini hanya sharing…
komitmen dan gaya hidup amat sangat menentukan akurasi penganggaran ini.

Sekian…

Logo

Inspirasi Bagi Sahabat-Sahabatku

"Memperkaya diri sendiri itu hal biasa, namun memperkaya bangsa ini dengan segenap jiwa dan talenta... itu baru luar biasa" by: Michael Angelo :)

"Ada orang yang dibenci karena sering mncari-cari kesalahan org,, tapi menjadikannya sahabat yang tak lagi mencela kita dan org lain, membuatq selangkah lebih dewasa... (Cela lah dirimu, karena tak ada kesempurnaan dari pada mu... dan kasihilah sesamamu karena merekahlah yang menyempurnakan dirimu...),, By:Michael Angelo.."

"Cerca dan cela adalah motivator hidup... dan kegagalan adalah alasan untuk berhasil... Keberhasilan tidaklah berhenti hanya dalam alam rencana,,, ia harus nyata diperjuangkan, oleh tekad cita-citamu... (By: Michael Angelo,, hehe:P)"

"Jangan melihat orang lain dari sudut pandangmu,, tapi lihat lah dari sudut pandang mereka,, sehingga pikiran mu tidak teracuni oleh keegoisan dan mulut ini tidak mencerca,,(mereka tidak akan berarti jika mereka sama denganku, sesungguhnya mereka berarti karena ada perbedaan diantara kami untuk saling melengkapi)"

"Bila kau merasa belum mendapatkan yang terbaik,
maka jadikanlah segala yang kau miliki jadi yang terbaik...
bagimu dan bagi orang lain...
"Sahabat Terbaik" menjadikan sahabat-sahabatnya menjadi yang terbaik^_^"
By: Michael Angelo

"Bila kau percaya padaku, tak perlu aq menjelaskan,,
dan bila kau tak percaya padaku, percuma aq menjelaskan,,
kepercayaan adalah tali persahabatan,, ketulusan adalah pemanisnya...:)"

November 2014
S S R K J S M
« Nov    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 525 pengikut lainnya.