//
you're reading...
Akuntansi

Resume Standar Akuntansi Internasional 16 Aset Tetap

Tujuan

Tujuan dari standar ini adalah untuk mengatur perlakuan akuntansi aset tetap sehingga pengguna laporan keuangan dapat memahami informasi mengenai investasi entitas yang berupa aktiva tetap dan perubahan dalam investasi tersebut.

 

Pengakuan

Biaya dari suatu aset tetap harus diakui sebagai aset jika, dan hanya jika:

  1. Besar kemungkinan manfaat ekonomis di masa depan berkenaan dengan aset tersebut akan mengalir ke entitas
  2. biaya perolehan aset dapat diukur secara andal.

 

Standar ini tidak menetapkan satuan ukuran untuk pengakuan, yaitu apa saja yang merupakan jenis aktiva tetap. Dengan demikian, pengambilan keputusan dibutuhkan dalam menerapkan kriteria pengakuan bagi entitas tertentu.

 

Entitas mengevaluasi berdasarkan prinsip pengakuan semua biaya aktiva tetap pada saat terjadinya. Biaya ini meliputi

  1. biaya awal (untuk memperoleh atau membangun unit aktiva tetap), dan
  2. biaya yang terjadi selanjutnya setelah perolehan  (untuk menambah, mengganti bagian aktiva tetap, dan pemeliharaannya.)

 

Pengukuran atas Pengakuan

Suatu aset tetap yang memenuhi syarat untuk diakui sebagai aset harus diukur sebesar biaya perolehan.

 

Elemen Biaya

Biaya dari suatu aset tetap terdiri dari:

  1. biaya perolehan, termasuk bea impor dan pajak pembelian yang tidak boleh dikreditkan setelah dikurangi dengan diskon pembelian dan potongan lain
  2. biaya-biaya yang dapat diatribusikan secara langsung untuk membawa aset ke lokasi dan kondisi yang diinginkan agar aset sesuai dengan keinginan dan maksud manajemen.
  1. estimasi biaya pembongkaran dan pemindahan aset tetap dan restorasi lokasi asset.

Contoh biaya yang secara langsung terkait adalah:

  1. biaya imbalan kerja (sebagaimana didefinisikan dalam IAS 19 Imbalan Kerja) yang timbul langsung dari pembangunan atau akuisisi aset tetap
  2. biaya persiapan lokasi,
  3. biaya pengiriman awal dan penanganan;
  4. biaya instalasi dan perakitan;
  5. biaya pengujian apakah aset tersebut berfungsi dengan baik, setelah dikurangi hasil penjualan setiap item yang diproduksi, dan
  6. biaya/komisi profesional

 

Contoh biaya yang tidak termasuk biaya aset tetap adalah:

  1. biaya pembukaan fasilitas baru,
  2. biaya memperkenalkan produk baru atau jasa (termasuk biaya iklan dan kegiatan promosi),
  3. biaya untuk menjalankan usaha di lokasi baru atau dengan lingkup pelanggan baru (termasuk biaya pelatihan staf), dan
  4. administrasi dan biaya umum lainnya

 

 

Pengukuran Biaya

Biaya perolehan aset tetap adalah harga setara kas pada Tanggal pengakuan.  Satu atau beberapa jenis aset tetap dapat diperoleh dalam pertukaran untuk  aktiva non-moneter, atau kombinasi aktiva non-moneter dan moneter.

 

Biaya seperti aset tetap tetap diukur sebesar nilai wajar, kecuali

  1. transaksi pertukaran tidak memiliki substansi komersial, atau
  2. nilai wajar aktiva yang diterima  atau diberikan tidak terukur secara andal.

 

Model Biaya

Setelah pengakuan sebagai aset, suatu aset tetap harus dicatat sebesar biaya dikurangi akumulasi penyusutan dan kerugian akumulasi penurunan.

 

Model Revaluasi

Setelah pengakuan sebagai aset, suatu aset tetap yang nilai wajarnya dapat diukur secara andal harus dicatat sebesar jumlah yang dinilai kembali, yang nilai wajarnya pada tanggal penilaian kembali tersebut dikurangi akumulasi penyusutan dan akumulasi penurunan nilai. Revaluasi harus dilakukan dengan secara teratur untuk memastikan bahwa jumlah tercatat tidak berbeda secara material dari jumlah yang akan ditentukan dengan menggunakan nilai wajar pada tanggal neraca.

 

Nilai wajar tanah dan bangunan biasanya ditentukan dari bukti yang berbasis pasar dengan penilaian yang biasanya dilakukan oleh penilai yang berkualifikasi profesional. Nilai wajar asset tetap biasanya sebesar nilai pasar yang ditentukan oleh penilai.

Jika jumlah tercatat aset meningkat akibat revaluasi, kenaikan tersebut langsung dikredit ke ekuitas pada bagian surplus revaluasi. Namun kenaikan tersebut harus diakui di dalam laporan laba rugi hingga sebesar jumlah penurunan nilai aset akibat revaluasi yang pernah dilakukan sebelumnya dalam laporan laba rugi.

Jika jumlah tercatat aset turun akibat revaluasi, penurunan tersebut diakui dalam laporan laba rugi. Namun penurunan nilai akibat revaluasi tersebut langsung didebit ke dalam ekuitas pada bagian surplus revaluasi selama penurunan tersebut tidak melebihi saldo kredit surplus revaluasi untuk aset tersebut.

 

Penyusutan

Setiap bagian dari suatu aset tetap dengan biaya yang signifikan dalam hubungannya dengan total biaya barang harus disusutkan secara terpisah. Penyusutan yang dibebankan untuk setiap periode harus diakui dalam laporan laba rugi kecuali termasuk dalam nilai tercatat aktiva lain.

 

Penyusutan yang dibebankan untuk periode biasanya diakui dalam laporan laba rugi. Namun, terkadang, manfaat ekonomi masa depan aset tetap diserap untuk memproduksi aset lainnya. Demikian pula, penyusutan aktiva tetap dan peralatan yang digunakan untuk kegiatan pembangunan dapat dimasukkan dalam biaya aset tidak berwujud. Nilai sisa dan masa manfaat aset harus direview setidaknya setiap akhir tahun keuangan.

 

Penyusutan diakui walaupun nilai wajar aktiva tersebut melebihi jumlah yang tercatat sebagai residu nilai aktiva selama tidak melebihi nilai tercatat. Perbaikan dan pemeliharaan aset tidak meniadakan kebutuhan untuk depresiasi itu.

 

Tanah dan bangunan adalah aset dipisahkan dan dicatat secara terpisah, bahkan ketika mereka diperoleh bersama-sama. Dengan beberapa pengecualian, seperti tambang dan situs yang digunakan untuk TPA, tanah tersebut mempunyai masa manfaat terbatas dan karena itu tidak disusutkan. Sedangkan bangunan memiliki masa manfaat yang terbatas, karena itu merupakan aset depresiasi. Peningkatan nilai tanah di mana bangunan berdiri tidak mempengaruhi penentuan nilai aset bangunan.

 

Metode Penyusutan

Metode penyusutan yang digunakan harus mencerminkan manfaat ekonomi asset diharapkan untuk dikonsumsi oleh entitas di masa depan.

 

Metode penyusutan yang diterapkan untuk aset harus direview minimum setiap keuangan akhir tahun dan, jika ada telah terjadi perubahan signifikan dalam ekspektasi pola konsumsi manfaat ekonomi masa depan aset, metode harus berubah untuk mencerminkan pola berubah. Perubahan tersebut harus dicatat sebagai perubahan estimasi akuntansi.

 

Berbagai metode depresiasi dapat digunakan untuk mengalokasikan nilai aset aktiva pada secara sistematis selama masa manfaatnya. Metode ini termasuk

  1. metode garis lurus,
  2. metode saldo menurun, dan
  3. metode unit produksi.

 

Metode tersebut diterapkan secara konsisten dari waktu ke waktu kecuali ada perubahan pada pola konsumsi manfaat ekonomi aset di masa depan.

 

Nilai tercatat suatu aset tetap harus dihapus jika:

  • pelepasan,
  • tidak ada manfaat ekonomis masa depan yang diharapkan dari yang menggunakan
  • pembuangan.

 

Keuntungan atau kerugian yang timbul dari penghentian pengakuan aktiva dan peralatan harus dimasukkan dalam laba atau rugi ketika aset tersebut tidak lagi diakui. Keuntungan tidak akan diklasifikasikan sebagai pendapatan.

 

Pembuangan suatu aset tetap dapat terjadi dalam berbagai cara (misalnya dengan penjualan, dengan memasukkan ke dalam sewa pembiayaan atau sumbangan). Dalam menentukan tanggal pelepasan item.

 

Penyingkapan

Laporan keuangan untuk setiap kelompok aktiva tetap harus mengungkapkan,:

  1. pengukuran yang digunakan untuk menentukan jumlah tercatat bruto;
  2. metode penyusutan yang digunakan;
  3. masa manfaat atau tarif penyusutan yang digunakan;
  4. jumlah tercatat bruto dan akumulasi penyusutan (agregat dan akumulasi penurunan nilai) pada awal dan akhir periode; dan
  5. Rekonsiliasi jumlah tercatat pada awal dan akhir periode yang menunjukkan:

-       Penambahan

-       Penjualan

-       akuisisi melalui penggabungan usaha

-        kenaikan atau penurunan yang dihasilkan dari revaluasi dan dari kerugian penurunan nilai yang diakui

-       penurunan nilai diakui dalam laporan laba rugi

-       penyusutan

-       selisih kurs bersih yang timbul dari penjabaran laporan keuangan dari mata uang fungsional ke dalam suatu mata uang yang berbeda, termasuk penjabaran kegiatan usaha asing ke mata uang penyajian entitas pelaporan;

 

(Sumber : Standar Akuntansi Internasional)

 

 

About Michael Simbolon

Mahasiswa DIII-Kebendaharaan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Diskusi

One thought on “Resume Standar Akuntansi Internasional 16 Aset Tetap

  1. Pak, saya ingin bertanya, jika perusahaan membeli asset (CCTV) tapi ada biaya instalasi & setting internetnya, maka menurut SAI no. 16 tidak dapat dijadikan satu dengan assetnya… Betul begitu bukan pak?Mohon bantuannya, karena dulu saya belajar segala sesuatu biaya yg dikeluarkan sampai asset dapat beroperasi akan menjadi nilai assetnya utk didepresiasi… Sebaiknya bagaimana yah? email saya; dian_susanti@live.com

    Posted by dian susanti | 15 Mei 2012, 17:07

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Inspirasi Bagi Sahabat-Sahabatku

"Memperkaya diri sendiri itu hal biasa, namun memperkaya bangsa ini dengan segenap jiwa dan talenta... itu baru luar biasa" by: Michael Angelo :)

"Ada orang yang dibenci karena sering mncari-cari kesalahan org,, tapi menjadikannya sahabat yang tak lagi mencela kita dan org lain, membuatq selangkah lebih dewasa... (Cela lah dirimu, karena tak ada kesempurnaan dari pada mu... dan kasihilah sesamamu karena merekahlah yang menyempurnakan dirimu...),, By:Michael Angelo.."

"Cerca dan cela adalah motivator hidup... dan kegagalan adalah alasan untuk berhasil... Keberhasilan tidaklah berhenti hanya dalam alam rencana,,, ia harus nyata diperjuangkan, oleh tekad cita-citamu... (By: Michael Angelo,, hehe:P)"

"Jangan melihat orang lain dari sudut pandangmu,, tapi lihat lah dari sudut pandang mereka,, sehingga pikiran mu tidak teracuni oleh keegoisan dan mulut ini tidak mencerca,,(mereka tidak akan berarti jika mereka sama denganku, sesungguhnya mereka berarti karena ada perbedaan diantara kami untuk saling melengkapi)"

"Bila kau merasa belum mendapatkan yang terbaik,
maka jadikanlah segala yang kau miliki jadi yang terbaik...
bagimu dan bagi orang lain...
"Sahabat Terbaik" menjadikan sahabat-sahabatnya menjadi yang terbaik^_^"
By: Michael Angelo

"Bila kau percaya padaku, tak perlu aq menjelaskan,,
dan bila kau tak percaya padaku, percuma aq menjelaskan,,
kepercayaan adalah tali persahabatan,, ketulusan adalah pemanisnya...:)"

Januari 2011
S S R K J S M
« Okt   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 525 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: